Rakernas Prodi D3 Teknologi Lab. Medis

Sabtu, 26 November 2022 Pimpinan Prodi  TLM Politeknik Mitra Karya Mandiri Ibu Arifiani Agustin Amalia, S.Tr.AK,M.Kes mengadiri Rapat Rutin Asosiasi Institusi Pendidikan Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (AIPTLMI) Regional IV wilayah DIY-Jawa Tengah yang diselenggarakan di Universitas Al Irsyad Al Cilacap.

Rapat yang dihadiri oleh pimpinan program studi D3 dan D4 TLM wilayah DIY-Jateng kali ini membahas hasil Kongres VI di Bandung pada tanggal 26-28 Oktober 2022 dan terkait rencana kegiatan AIPTLMI Regional IV beberapa hal lain diantaranya yaitu Sosialisasi penyeleggaraan OSCE, Pelatihan kurikulum MBKM untuk Prodi TLM, Pelaksanaan Lomba-lomba untuk menunjang nilai akreditasi PS yang diselenggarakan oleh AIPTLMI Regional IV, Pelatihan pengisian borang 9 Kriteria secara offline, Pembimbingan tata kelola penerbitan modul ber ISBN, Sosialisasi luaran bidang pengabdian kepada masyarakat, Pembimbingan penerbitan HAKI bagi produk/ karya dosen/PT, Kerjasama dengan penerbit untuk memudahkan penerbitan ISBN dan meningkatkan nilai akreditasi, Workshop pembuatan RPS yang terintegrasi dengan luaran penelitian dan pengambdian kepada masyarakat, Pelatihan ITEM Developmen pembuatan soal UKOM yang memperhatikan tata bahasa.

Rapat Rutin kali ini dilaksanakan diikuti oleh panitia dan peserta secara luring sebanyak 30 orang. Pada kegiatan kali ini peserta rapat berkesempatan juga untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kota Cilacap, diantaranya Objek Wisata Benteng Pendem dan melihat keindahan Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Rangkuman Hasil Rapat :

  1. Penandatanganan MoU di Bandung diharpakan dapat dilanjutkan ke level MoA yang akan dilaksanakan pada acara International Conference On Medical Laboratory Science Education 2022 yang diselenggarakan oleh ASEAN Association of Schools of Medical Technology (AASMT) pada tanggal 1-4 Desember 2022 di Lombok.
  2. Pengajuan perubahan nama program studi dari Analis Kesehatan menjadi Teknologi Laboratorium Medis agar segera ditindaklanjuti sebelum pengajuan re-akreditasi, dengan prosedur sesuai yang disampaikan pada Kongres di Bandung.
  3. Akan ada perubahan nominal iuran AIPTLMI regional yang dimulai tahun 2023 dikarenakan ada subsidi dari AIPTLMI Pusat sebesar 10%.
  4. Berikut beberapa usulan kegiatan yang akan dilaksanakan di periode pengurusan yang baru:
  5. Sosialisasi penyeleggaraan OSCE.
  6. Pelatihan kurikulum MBKM untuk Prodi TLM.
  7. Pelaksanaan Lomba-lomba untuk menunjang nilai akreditasi PS yang diselenggarakan oleh AIPTLMI Regional IV.
  8. Pelatihan pengisian borang 9 Kriteria secara offline.
  9. Pembimbingan tata kelola penerbitan modul ber ISBN.
  10. Sosialisasi luaran bidang pengabdian kepada masyarakat.
  11. Pembimbingan penerbitan HAKI bagi produk/ karya dosen/PT.
  12. Kerjasama dengan penerbit untuk memudahkan penerbitan ISBN dan meningkatkan nilai akreditasi.
  13. Workshop pembuatan RPS yang terintegrasi dengan luaran penelitian dan pengambdian kepada masyarakat.
  14. Pelatihan ITEM Developmen pembuatan soal UKOM yang memperhatikan tata bahasa.
Rakernas Prodi D3 Teknologi Lab. Medis