header-int

Pembelajaran ICT Karakteristik Pendidikan Abad 21

Selasa, 03 Agu 2021, 20:55:17 WIB - 104 View
Share
Pembelajaran  ICT Karakteristik Pendidikan Abad 21

Pembelajaran berbasis ICT adalah pembelajaran yang berasaskan konsep pembelajaran komputer dan multimedia. Pendidikan bebasis ICT (Information Communication Technology) saat ini sudah berkembang pesat di berbagai daerah. Kebutuhan akan berbagai media interaktf semakin dirasakan, mengingat kondisi perkembangan teknologi informasi semakin berkembang pesat. Dalam dunia pendidikan misalnya, siswa mulai pra-sekolah, SD, SMP, SMA dan SMK dituntut mengenal ICT sejak dini disebabkan tuntutan pendidikan abad 21 atau masyarakat industry 4.0 yang mengandalkan pada pemanfaatan  pembelajaran inovatif serta ketrampilan berpikir tingkat tinggi atau sering dikenal dengan istilah  HOTS.

Keterampilan menjelaskan seorang guru dapat dikelompokkan menjadi dua aspek utama, yaitu keterampilan merencanakan penjelasan dan keterampilan menyajikan penjelasan (Wardani, 2005). Tingkat penguasaan guru terhadap kedua aspek keterampilan ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran abad 21. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk dapat menguasai keterampilan merencanakan penjelasan dan keterampilan menyajikan penjelasan yang terkait dengan pembelajaran ITC agar pembelajaran  yang disajikan guru dapat memberikan efek ketertarikan dengan cara pengemasan materi ajar yang secara fisik menarik melalui pembelajaran dengan penggunaan ITC.Dengan demikian  akan mendatangkan  pengaruh yang baik terhadap pemahaman siswa dengan cara pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi anak didik kita.

Menurut Liber Siagian (2020) bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu dampak dari perkembangan zaman yang kian harinya mengalami kemajuan yang pesat. Banyak hal yang mempengaruhi  perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tesebut, salah satunya adalah adanya ketergantungan umat manusia yang semakin harinya dituntut untuk dapat menjalankan segala sesuatunya dengan lebih mudah dan efektif. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah tidak bisa dibendung lagi. Dunia pendidikan merupakan salah satu bidang yang paling diuntungkan dengan adanya kemajuan teknologi informasi ini yang sangat cepat ini, karena memperoleh manfaat yang luar biasa. Mulai dari eksplorasi sumber belajar berupa materi-materi pembelajaran berkualitas seperti literatur, jurnal, dan buku, membangun forum-forum diskusi ilmiah, sampai konsultasi/diskusi dengan para pakar di dunia, semua itu dapat dengan mudah dilakukan dan tanpa mengalami sekat-sekat karena setiap individu dapat melakukannya sendiri. Dampak yang sedemikian luas tersebut telah memberikan warna baru dalam bidang pendidikan global khususnya bidang pendidikan di Indonesia, yang dikenal dengan berbagai istilah digital learning, e-learning, online learning, web based learning, computer-based learning, dan virtual class room, dimana semua terminologi tersebut mengacu pada pengertian yang sama yakni pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Bagi negara-negara maju telah memulai terlebih dahulu dengan memanfaatkan pendidikan berbasis ICT Negara-negara asia tenggara khususnya di Indonesia masih tergolong baru dalam menerapkan sistem pemanfaatan ITC sebagai bagian integral dari pendidikan abad 21. Sebagai pemula tentu kita punya kesempatan berharga untuk belajar banyak atas keberhasilan dan kegagalan mereka sehingga penerapan pendidikan berbasis ITC di Indonesia menjadi lebih terarah. Apalagi dengan hadirnya kurikulum 2013 yang strategi dan arah kurikulumnya untuk menjawab tantangan masyarakat industry abad 21. Di mana ada kompetensi 4 ciri pokok yang harus dimiliki peserta didik saat ini antara lain kompetensi tersebut yaitu berpikir kritis (criticial thinking), kreatif dan inovasi (creative and innovative), kemampuan berkomunikasi (communication skill), kemampuan bekerja sama (collaboration) dan kepercayaan diri (confidence).

 

Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor) tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh peserta diklat. Sajian multimedia berbasis komputer dapat diartikan sebagai teknologi yang mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk menampilkan dan merekayasa teks, grafik, dan suara dalam sebuah tampilan yang terintegrasi. Dengan tampilan yang dapat mengkombinasikan berbagai unsur penyampaian informasi dan pesan, komputer dapat dirancang dan digunakan sebagai media teknologi yang efektif untuk mempelajari dan mengajarkan materi perkuliahan yang relevan misalnya rancangan grafis dan animasi.

Dengan demikian pemanfaatan pembelajaran berbasis ITC bagi dunia pendidikan akan memberikan dampak yang positif dan nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan bagi anak didik kita sehingga kedepannya kecepatan dan ketepatan dalam menerima informasi  terkait bidang pendidikan menjadi hal yang penting untuk bekal guru dalam pembelajaran peserta didik di kelas untuk menatap masa depan mereka yang lebih baik dan mampu bersaing dengan negara-negara lainnya yang lebih dulu mengenal TIK.

Ditulis oleh: Ali Mubarok, S.Pd,. M.Pd

PMKM Alamat : Jl. Jendral No. 441 Ketanggungan Brebes Telp/Fax 0283 4582001 Kode Pos 52263 Email politeknik.mitrakaryamandiri@gmail.com website : https://poltekmkm-bbs.ac.id
© 2021 Politeknik Mitra Karya Mandiri Follow Politeknik Mitra Karya Mandiri : Facebook Twitter Linked Youtube